Skip to content Skip to main navigation Skip to footer

SELEKSI KOMPETENSI PESERTA SELEKSI PENGADAAN PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK) TENAGA KESEHATAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA SIBOLGA TAHUN 2022

BKD KOTA SIBOLGA | MEDAN – Sebanyak 186 orang peserta Seleksi Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Kesehatan di Lingkungan Pemerintah Kota Sibolga di jadwalkan akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya berupa seleksi kompetensi yang dilaksanakan dengan menggunakan metode Computer Assested Test. Untuk pelaksanaan seleksi kompetensi dengan menggunakan metode CAT ini, Pemerintah Kota Sibolga menggandeng Badan Kepegawaian Negara Regional VI Medan agar hasil seleksi lebih transparan, objektif dan dapat diterima dengan baik oleh publik, khususnya para peserta seleksi itu sendiri. 

Ke-186 orang peserta seleksi kompetensi ini, berdasarkan pengumuman Panitia Seleksi Nomor 810 / 03 / PANSEL PPPK TENKES / 2022 tanggal 04 Desember 2022 Tentang Hasil Seleksi Administrasi Pasca Sanggah Pengadaan PPPK Jabatan Tenaga Kesehatan di Lingkungan Pemerintah Kota Sibolga akan melaksanakan seleksi di 3 titik lokasi (tilok), dengan rincian alokasi peserta seleksi berdasarkan tilok sebagai berikut :

  1. 1 orang peserta melaksanakan seleksi pada hari Rabu tanggal 7 Desember 2022 di Badan Kepegawaian Negara Jalan Mayjend Sutoyo No. 12 Jakarta Timur;
  2. 22 orang peserta melaksanakan seleksi pada hari Senin tanggal 12 Desember 2022 di Politeknik Kesehatan Medan Jalan Jamin Ginting Km. 13,5 Kecamatan Medan Tuntungan, Medan; dan
  3. 163 orang peserta melaksanakan seleksi pada hari Rabu tanggal 14 Desember 2022 di Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara Jalan TB. Simatupang No. 124 Kecamatan Medan Sunggal, Medan

 

Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Sibolga, Bapak Aulia Dhuhri, S.STP., M.AP,  dalam arahannya di hadapan peserta Seleksi Kompetensi di tilok Kanreg VI BKN Medan (14/12/2022) meminta agar seluruh peserta seleksi benar-benar fokus menyelesaikan soal-soal yang disajikan oleh sistem CAT BKN.

 

“Seleksi ini akan menentukan perjuangan Bapak/Ibu sekalian. Materi soal merupakan konsepsi akademik dan praktikal yang sejatinya Bapak/Ibu sudah kuasai karena merupakan bagian dari keseharian Bapak/Ibu. Soal-soal ini dibatasi oleh waktu pengerjaannya. Oleh karena itu, kerjakan dengan tenang, fokus dan jangan meminta bantuan kepada teman di sekeliling. Mengapa ? karena akhirnya nanti Bapak/Ibu akan dikalahkan oleh waktu. Percaya pada kemampuan yang Bapak/Ibu miliki”

 

Dalam arahannya, Plt. Kepala BKD Kota Sibolga yang didampingi oleh Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kanreg VI BKN Medan Bapak Jossy Sahat Parsaoran Simanjuntak, S.Kom, juga menyampaikan bahwa Seleksi ini dilakukan secara transparan, objektif dan hasilnya valid. Nilai yang diperoleh oleh peserta, akan langsung ditampilkan di layar monitor perangkat yang digunakan oleh peserta. Keluarga, sahabat, dan masyarakat umum dapat memantau nilai para peserta secara langsung melalui livescore yang ditayangkan melalui akun Youtube Kantor Regional VI BKN. Dengan demikian, akan sangat kecil kemungkinan hasil seleksi dapat dimanipulasi. Apalagi, pelaksanaan seleksi ini dilakukan melalui kerjasama dengan pihak Badan Kepegawaian Negara Regional VI yang juga terlibat aktif selama pelaksanaan seleksi kompetensi dengan menggunakan metode CAT ini. “Peserta seleksi sekalian jangan mau percaya dengan omongan atau janji-janji manis dari orang atau oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab di luar sana. Kelulusan masing-masing dari kalian justru ditentukan oleh diri kalian sendiri. Ingat, proses itu tidak akan membohongi hasil. Tidak akan pernah…!!! Kami dari Panitia seleksi tidak akan bertanggung jawab untuk hal-hal yang dilakukan oleh peserta diluar ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia seleksi.” tegas Bapak Aulia Dhuhri, S.STP., M.AP dihadapan seluruh peserta seleksi yang hadir.

 

Terkait kehadiran peserta seleksi, dalam kesempatan terpisah dijelaskan oleh Ibu Sri Adi Astuti Tanjung, S.STP, analis manajemen sumberdaya aparatur yang juga bertindak sebagai sub koordinator substansi Perencanaan & Pemberhentian ASN BKD Kota Sibolga dari titik lokasi Seleksi di Kanreg VI BKN Medan (14/12/2022), bahwa dari 163 orang peserta yang telah ditetapkan untuk melaksanakan ujian di tilok Kanreg VI BKN Medan pada hari Rabu tanggal 14 Desember 2022, peserta yang hadir sebanyak 160 orang, masing-masing 80 orang di sesi ke-1 yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 Wib s/d selesai dan 80 orang di sesi ke-2 yang dilaksanakan mulai pukul 11.00 Wib s/d selesai. 3 orang peserta di tilok Kanreg VI BKN Medan tidak hadir dimana 2 orang tidak hadir dengan alasan 1 orang melahirkan dan 1 orang melangsungkan pernikahan. Sementara 1 orang tanpa keterangan.

 

Untuk tilok BKN Pusat dan tilok Poltekkes Medan, seluruh peserta seleksi yang telah dijadwalkan hadir seluruhnya. Pelaksanaan seleksi kompetensi di 2 tilok ini sendiri berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Untuk tilok Poltekkes Medan, 22 orang peserta dari Kota Sibolga kesertaannya diiriskan dengan peserta dari beberapa daerah di Provinsi Sumatera Utara antara lain Kota Medan dan Kota Binjai yang juga melaksanakan seleksi kompetensi untuk PPPK Tenaga Kesehatan ini. Seluruh peserta ini melaksanakan seleksi CAT di sesi 3 yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 12 Desember 2022 mulai pukul 14.00 Wib s/d selesai.

 

Dalam kesempatan terpisah, Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Sibolga, Bapak Aulia Dhuhri, S.STP., M.AP., disela-sela pemantauan pelaksanaan kegiatan seleksi kompetensi yang dilaksanakan di Tilok Kanreg VI BKN Medan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Kanreg VI BKN Medan yang saat ini dipimpin oleh Bapak Dr. Janry H.U.P. Simanungkalit, S.Si., M.Si dan khususnya kepada Bidang INKA Kanreg VI BKN Medan melalui Bapak Kabid INKA Jossy Sahat Parsaoran Simanjuntak, S.Kom atas kerjasama yang baik, sambutan yang hangat serta layanan yang telah diberikan baik kepada peserta seleksi maupun kepada Panitia Seleksi yang datang untuk menjalankan tugas di Kanreg VI BKN Medan. Beliau berharap agar kerjasama yang baik ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan kualitasnya untuk masa yang akan datang. (G76)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *